SYARAT & KETENTUAN

SIPLah PT INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA (Persero)

 

Aturan Penggunaan ini mengatur penggunaan seluruh layanan dari PT INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA (Persero) yang terdapat pada Platform SIPLah

Dengan mendaftar akun dan/atau menggunakan layanan Platform PT INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA (Persero) atau bisa disebut sebagai INTI, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi dalam Aturan Penggunaan.

Definisi

Dalam Aturan Penggunaan ini, sepanjang tidak ditentukan lain, istilah-istilah di bawah ini mempunyai arti sebagai berikut:

  1. Penggunaadalah pihak (terdaftar/tidak terdaftar) yang mengakses layanan , termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli dan Penjual, serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan layanan INTI beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi layanan INTI.
  2. Akunadalah data tentang Pengguna, minimum terdiri dari usernamepassword, dan email yang wajib diisi oleh Pengguna Terdaftar.
  3. Platform SIPLahadalah situs resmi www.siplah.id dan seluruh microsite resmi beserta aplikasi resmi SIPLah (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna.
  4. Barangadalah suatu objek yang memiliki wujud dan nilai jual beli yang memenuhi kriteria pengiriman pihak penyelenggara jasa ekspedisi pengiriman Barang.
  5. Layananadalah secara kolektif: (i) Platform SIPLah INTI; (ii) Konten, fitur, layanan, dan fungsi apa pun yang tersedia di atau melalui Platform oleh atau atas nama INTI, termasuk Layanan Partner; dan pemberitahuan email, tombol, dan widget.
  6. Aturan Penggunaanadalah perjanjian antara Pengguna dan layanan INTI yang berisi seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan layanan INTI, serta tata cara penggunaan sistem layanan INTI
  7. Vendor (Penjual)adalah Pengguna terdaftar yang melakukan penjualan dan/atau penawaran Barang kepada para Pengguna melalui di layanan INTI serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan layanan INTI beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi layanan INTI.
  8. Pembeliadalah Pengguna terdaftar atau tidak terdaftar yang melakukan pembelian Barang yang dijual oleh Penjual (Vendor) di layanan INTI serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan layanan INTI beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi layanan INTI.
  9. SIPLah Payment Systemadalah sistem pembayaran yang difasilitasi oleh layanan INTI untuk para Pengguna melakukan transaksi jual-beli di Platform layanan INTI.
  10. Barang Terlarangadalah adalah barang yang dilarang diperdagangkan oleh Penjual di layanan INTI berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan kebijakan internal layanan INTI.

Layanan

  1. Platform
    1. INTI mengelola dan menyediakan Platform bagi Pengguna untuk melakukan penjualan, promosi, mengunggah konten, serta melakukan pembelian barang yang sesuai dengan Aturan Penggunaan layanan INTI dengan alamat Situs siplah.iddan seluruh microsite beserta aplikasi (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna.
    2. Sebagai pihak penyedia Platform, INTI tidak berperan sebagai penjual barang, melainkan sebagai media perantara bagi Penjual dan Pembeli untuk melakukan transaksi melalui layanan INTI.
  2. Sistem PembayaranINTI bekerja sama dengan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (Bank) resmi yang diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk menyediakan sistem pembayaran guna memudahkan dan mengamankan setiap transaksi yang berlangsung di layanan INTI bagi para Pengguna baik Pembeli maupun Vendor (Penjual).
  3. Ekspedisi Pengiriman Baranglayanan INTI bekerja sama dengan Partner Ekspedisi Pengiriman Barang Resmi untuk menyediakan pilihan metode pengiriman barang, guna memudahkan setiap transaksi yang berlangsung di layanan INTI, bagi para Pengguna baik Pembeli maupun Vendor (Penjual).

Metode Pengiriman Barang

  1. Pengiriman barang untuk setiap transaksi yang terjadi melalui layanan INTI menggunakan layanan pengiriman barang yang disediakan layanan INTI atas kerjasama layanan INTI dengan pihak jasa ekspedisi pengiriman barang resmi.
  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala bentuk peraturan terkait dengan syarat dan ketentuan pengiriman barang sepenuhnya ditentukan oleh pihak jasa ekspedisi pengiriman barang dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak jasa ekspedisi pengiriman barang.
  3. Layanan INTI hanya berperan sebagai media perantara antara Pengguna dengan pihak jasa ekspedisi pengiriman barang.
  4. Pengguna wajib memahami, menyetujui, serta mengikuti ketentuan-ketentuan pengiriman barang yang telah dibuat oleh pihak jasa ekspedisi pengiriman barang.
  5. Pengiriman barang atas transaksi melalui sistem layanan INTI menggunakan jasa ekspedisi pengiriman barang dilakukan dengan tujuan agar barang dapat dipantau melalui sistem layanan INTI.
  6. Vendor (Penjual) wajib bertanggung jawab penuh atas barang yang dikirimnya.
  7. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala bentuk kerugian yang dapat timbul akibat kerusakan ataupun kehilangan pada barang, baik pada saat pengiriman barang tengah berlangsung maupun pada saat pengiriman barang telah selesai, adalah sepenuhnya tanggung jawab pihak jasa ekspedisi pengiriman barang.
  8. Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian barang, maka Pengguna, baik Vendor (Penjual) maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing Pembeli maupun Vendor (Penjual). Layanan INTI tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apa pun.

Pengguna, Akun, Keamanan, dan Password

Persyaratan wajib bagi Pengguna untuk mengakses layanan di layanan INTI, antara lain:

  1. Pengguna wajib membaca, memahami serta mengikuti semua ketentuan yang diatur dalam Aturan Penggunaan ini.
  2. Pengguna yang memiliki akun di layanan INTI, wajib mengisi data secara lengkap sesuai dengan identitas di halaman profil.
  3. Pengguna wajib menyampaikan informasi yang benar, tepat, lengkap dan terbaru dari diri Pengguna dalam rangka penggunaan layanan INTI dari waktu ke waktu.
  4. Pengguna wajib memahami bahwa detail informasi akun milik Pengguna adalah rahasia, dan karenanya Pengguna tidak akan mengungkapkan detail informasi akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun, termasuk passwordrahasia atau petugas layanan INTI tidak akan menanyakan password Pengguna (kecuali pada halaman di Platform SIPLah Pengguna ketika Pengguna masuk ke Akun milik Pengguna melalui layanan INTI pada device Pengguna). Pengguna setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi Akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.
  5. Pengguna dilarang menggunakan robotspider, proses atau sarana untuk mengakses layanan untuk tujuan apapun, atau perangkat otomatis lainnya, termasuk namun tidak terbatas untuk memantau atau menyalin setiap bahan yang ada pada layanan INTI.
  6. Pengguna bertanggung jawab dan wajib menjaga keamanan dari akun termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan email dan password milik Pengguna.
  7. Demi keamanan dan kenyamanan para Pengguna, setiap transaksi jual-beli di layanan INTI diwajibkan untuk menggunakan SIPLah Payment System.
  8. Dalam hal Pengguna melakukan pelaporan dan/atau aduan atas layanan INTI dan/atau Aturan Penggunaan, maka setiap laporan dan/atau aduan tersebut wajib disampaikan dengan itikad baik dan dengan tujuan menyelesaikan masalah.
  9. Pengguna dilarang menggunakan layanan INTI untuk melanggar peraturan yang ditetapkan oleh hukum di Indonesia maupun di negara lainnya.
  10. Selama menggunakan dan/atau mengakses layanan INTI, Pengguna dilarang keras mengunggah dan/atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apa pun yang mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan), menyesatkan, memfitnah, atau mencemarkan nama baik, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, kata-kata kasar atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial. Layanan INTI dalam hal ini berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  11. Pengguna wajib bertanggung jawab atas segala risiko yang timbul di kemudian hari atas informasi yang diberikannya kepada layanan INTI, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan Hak Kekayaan Intelektual yaitu hak cipta, merek, paten, rahasia dagang, desain industri, dan desain tata letak sirkuit terpadu atas suatu produk.
  12. Pengguna wajib menghargai hak-hak Pengguna lainnya dengan tidak memberikan informasi pribadi ke pihak lain tanpa izin pihak yang bersangkutan.
  13. Pengguna dilarang memanipulasi harga barang yang dicantumkan di layanan INTI dengan tujuan apa pun termasuk namun tidak terbatas untuk mengelabui Pembeli.
  14. INTI berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna untuk memblokir penggunaan sistem jika Pengguna melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Indonesia.
  15. Pengguna dilarang mendistribusikan virus atau teknologi lainnya yang dapat membahayakan layanan INTI, kepentingan dan/atau properti dari Pengguna layanan INTI, maupun instansi Pemerintahan.
  16. Pengguna dilarang menggunakan layanan INTI untuk tujuan komersial dan melakukan transfer/menjual akun Pengguna ke Pengguna lain atau ke pihak lain dengan tujuan apapun.
  17. Pengguna dilarang membuat akun layanan INTI dalam jumlah banyak dengan tujuan menghindari batasan pembelian, penyalahgunaan promosi, konsekuensi Aturan Penggunaan, dan/atau tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
  18. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu INTI jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  19. Pengguna dianggap telah mengetahui seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia dalam setiap transaksi di layanan INTI, dan tidak akan melakukan tindakan apa pun yang melanggar peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.
  20. Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran terkait Aturan Penggunaan oleh Pengguna, INTI berhak melakukan tindakan yang dianggap perlu demi menjaga keamanan dan kenyamanan Pengguna lain dan layanan INTI.
  21. Pengguna wajib bertanggung jawab penuh atas seluruh Konten yang Pengguna unggah, kirim melalui email, kirimkan dan/atau sediakan melalui layanan INTI.
  22. INTI tidak memungut biaya pendaftaran akun kepada Pengguna.
  23. Pengguna yang telah mendaftar akun layanan INTI berhak bertindak sebagai Pembeli dan Vendor (Penjual) dengan membuka lapak di layanan INTI.
  24. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa INTI tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan Kode Verifikasi, password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
  25. Demi keamanan Pengguna, INTI menyarankan agar Pengguna mengubah passworddari waktu ke waktu secara berkala untuk menjaga kerahasiaan layanan INTI milik Pengguna.
  26. Pengguna menjamin bahwa identitas/data yang Pengguna daftarkan dalam pembuatan akun layanan INTI merupakan identitas/data milik Pengguna sendiri bukan milik pihak manapun.
  27. Pengguna akan senantiasa bekerja sama dengan INTI untuk menyelidiki dan menentukan apakah telah terjadi pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan ini dengan memberikan INTI (beserta pihak yang ditunjuk dan auditor independen) hak akses atas data pribadi dan/atau perangkat Pengguna yang digunakan Pengguna untuk membuka/mengakses layanan INTI. Dalam hal ini, Pengguna memberikan wewenang kepada INTI untuk bekerja sama dengan pihak berwenang (termasuk namun tidak terbatas pada pihak kepolisian, instansi pemerintah, penyedia jasa telekomunikasi, penyedia jasa jaringan internet, penyedia jasa data center, dan lain-lain) tanpa persetujuan terlebih dahulu kepada Pengguna.
  28. Pengguna menjamin tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat mempengaruhi/menurunkan/mengganggu layanan, perangkat lunak, perangkat keras, sistem, jaringan yang digunakan Pengguna lain untuk mengakses layanan INTI.
  29. Pengguna menjamin tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat mengganggu dan/atau berdampak buruk pada INTI, jaringan internet, infrastruktur atau produk INTI, serta menimbulkan efek merugikan bagi keberlangsungan kegiatan usaha INTI.
  30. Pengguna dilarang menggunakan layanan INTI untuk menyamar/memalsukan dirinya sebagai seseorang/pihak lain secara melawan hukum untuk menyesatkan dan/atau menipu orang lain secara sengaja maupun tidak sengaja.
  31. Pengguna dilarang menggunakan layanan INTI dengan tujuan mengumpulkan data pribadi Pengguna dengan tujuan melanggar Kebijakan Privasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  32. Vendor dilarang menjual barang yang ditujukan bagi anak-anak di bawah umur yang mengandung sifat politis atau memiliki hubungan dengan kegiatan politik sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Perlindungan Anak bahwa anak berhak untuk memperoleh perlindungan dari penyalahgunaan dalam kegiatan politik.
  33. Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan INTI.

Vendor

  1. Vendor (Penjual) dilarang mempergunakan akun (termasuk namun tidak terbatas pada halaman deskripsi dan informasi barang) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi untuk Platform lain di luar layanan INTI.
  2. Penamaan Barang dan informasi produk harus sesuai dengan kondisi Barang yang ditampilkan dan Vendor (Penjual) tidak diperkenankan mencantumkan nama dan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi Barang.
  3. Vendor (Penjual) tidak diperkenankan memperdagangkan jasa, atau Barang non-fisik, kecuali telah bekerja sama resmi dengan INTI.
  4. Vendor (Penjual) wajib memisahkan tiap-tiap Barang yang memiliki ukuran dan harga yang berbeda.
  5. Penamaan Barang harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi Barang, dengan demikian Vendor (Penjual) tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama dan/atau kata yang tidak berkaitan dengan Barang tersebut.
  6. INTI memiliki kewenangan mengambil alih sub-domain akun Vendor (Penjual) jika pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub-domain Vendor (Penjual) melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin menggunakan sub-domain tersebut.

Transaksi

Transaksi Penjualan

  1. Vendor wajib mematuhi setiap ketentuan dalam Aturan Penggunaan layanan INTI dalam melakukan penawaran/penjualan Barang di platform layanan INTI.
  2. Vendor wajib menempatkan barang dagangan sesuai dengan kategori dan sub-kategorinya.
  3. Vendor wajib mengisi nama atau judul barang secara jelas dan lengkap.
  4. Vendor wajib mengisi harga yang sesuai dengan harga yang sebenarnya.
  5. Vendor wajib menampilkan gambar yang sesuai dengan deskripsi barang yang dijual dan tidak mencantumkan logo ataupun alamat Platform lain pada gambar.
  6. Vendor wajib memperbarui (update) termasuk namun tidak terbatas pada jumlah, deskripsi, dan status barang serta pilihan metode pengiriman secara rutin.
  7. Vendor wajib mengisi kolom Deskripsi Barang sesuai dengan kondisi barang dan tidak menyalahi Aturan Penggunaan layanan INTI.
  8. Vendor wajib mengirimkan barang menggunakan jasa ekspedisi sesuai dengan yang dipilih oleh Pembeli pada saat melakukan transaksi di dalam system layanan INTI. Apabila Vendor menggunakan jasa ekspedisi yang berbeda dengan jasa dan/atau jenis jasa ekspedisi yang dipilih oleh Pembeli pada saat melakukan transaksi di dalam system Vendor, maka Vendor bertanggung jawab atas segala hal selama proses pengiriman yang disebabkan oleh penggunaan jasa dan/atau jenis jasa ekspedisi yang berbeda tersebut.
  9. Vendor memahami dan menyetujui bahwa kekurangan dana biaya kirim yang disebabkan oleh penggunaan jasa dan/atau jenis jasa yang berbeda dari pilihan Pembeli pada saat melakukan transaksi di dalam sistem layanan INTI merupakan tanggung jawab INTI, terkecuali perbedaan tersebut atas permintaan Pembeli.
  10. Vendor wajib memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak jasa ekspedisi berkaitan dengan packingbarang yang aman, sehingga apabila barang rusak atau hilang, Vendor dapat mengajukan klaim ke pihak jasa ekspedisi.
  11. Vendor wajib mengetahui dan mematuhi segala persyaratan dan aturan yang ditetapkan oleh perusahaan jasa pengiriman, serta bertanggung jawab atas setiap barang yang dikirim.
  12. Vendor wajib mendaftarkan nomor resi pengiriman yang benar dan asli. Satu nomor resi hanya berlaku untuk satu nomor transaksi di layanan INTI.
  13. Vendor wajib mengirimkan kembali barang yang sesuai dengan permintaan Pembeli saat terjadi kesepakatan retur yang berujung penggantian barang.
  14. Vendor dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun.
  15. Vendor dilarang keras melakukan penawaran/penjualan Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Aturan Penggunaan layanan INTI dan peraturan perundang-undangan di Indonesia, baik secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi (tidak dinyatakan secara jelas/tersirat) di Platform layanan INTI.
  16. Vendor dilarang mencantumkan nama Platform lain pada gambar ataupun deskripsi barang yang diunggahnya, termasuk namun tidak terbatas pada tulisan, alamat situs, logo, gambar, dan lain-lain dari Platform lain tersebut.
  17. Vendor dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran barang), (iii) tidak menerima refund(pengembalian dana), (iv) barang tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab (termasuk namun tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim), (vi) penyusutan nilai harga dan (vii) pengiriman barang acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan lapak dan/atau deskripsi produk dengan Aturan Penggunaan layanan INTI, maka peraturan yang berlaku adalah Aturan Penggunaan layanan INTI.
  18. Vendor dilarang menggunakan gambar atau foto barang dengan watermarkyang menandakan hak kepemilikan orang lain.
  19. Vendor dilarang mengunggah barang yang serupa pada satu akun miliknya.
  20. Vendor dilarang membuat akun INTI dalam jumlah banyak dengan tujuan menghindari batasan pembelian, penyalahgunaan promosi, konsekuensi Aturan Penggunaan, dan/atau tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
  21. Vendor dilarang melakukan duplikasi penjualan barang dengan menyalin atau menggunakan gambar dari akun Vendor lain.
  22. Vendor dilarang membuat transaksi fiktif atau palsu demi kepentingan menaikkan feedback. INTI berhak mengambil tindakan seperti pemblokiran akun atau tindakan lainnya apabila ditemukan tindakan dan/atau dugaan kecurangan.
  23. Vendor memahami dan menyetujui bahwa berhak melakukan peninjauan terhadap akun Vendor apabila Vendor melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan Barang milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Aturan Penggunaan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
  24. INTI berwenang untuk membatalkan transaksi dan/atau menahan dana transaksi dalam hal: (i) nomor resi kurir pengiriman Barang yang diberikan oleh Vendor tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang terjadi di Situs INTI; (ii) Penjual mengirimkan Barang melalui jasa kurir/logistik, selain dari yang disediakan dan terhubung dengan Situs INTI; (iii) jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidak jelas dengan produk yang dikirim; (iv) jika ditemukan adanya manipulasi transaksi; dan/atau (v) mencantumkan nomor resi pengiriman Barang yang telah digunakan oleh Vendor lainnya.

Transaksi Pembelian

  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh INTI. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian INTI akan meneruskan dana ke pihak Penjual/Vendor apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem layanan INTI telah selesai.
  2. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
    1. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, mengerti dan menyetujui informasi serta deskripsi dari keseluruhan produk (termasuk namun tidak terbatas pada warna, bahan, kualitas, tekstur, fungsi, dan lain sebagainya), sebelum berkomitmen melakukan pembelian produk tersebut.
    2. Pembeli mengakui bahwa warna yang sebenarnya dari produk yang ada di layanan INTI dipengaruhi dan tergantung dari layar maupun monitor masing-masing. INTI telah berupaya dengan sebaik mungkin untuk menampilkan warna yang paling akurat seperti warna aslinya, namun tidak akan menjamin warna yang ditampilkan akan sama dan akurat seperti yang ditampilkan di layanan INTI.
    3. Pengguna masuk ke dalam Perjanjian yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.
    4. INTI tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual/Vendor ke Pembeli.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui tentang ketersediaan barang yang merupakan tanggung jawab dari pihak Vendor. Jika stok produk kosong, maka Vendor akan menolak order, dan pembayaran pembelian akan dikembalikan kepada pihak Pembeli.
  4. Sekolah melakukan proses PBJ secara online melalui layanan INTI dengan metode pemilihan Pembelian Langsung dengan nilai paling banyak Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) per transaksi.

 

  1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan di luar transaksi resmi layanan INTI dan/atau tanpa sepengetahuan INTI (melalui jaringan pribadi, pengiriman pesan, pembelian di luar layanan INTI, dan/atau pembelian di luar tagihan yang ditagihkan INTI) merupakan tanggung jawab pribadi Pembeli, dan bukan tanggung jawab dari pihak INTI.
  2. Pembeli memahami dan menyetujui untuk tidak menyerahkan/memberitahukan bukti transaksi yang dilakukan di layanan INTI pada pihak lain selain pihak INTI melalui saluran komunikasi resmi INTI. Dalam hal tersebut, jika terjadi kerugian yang diakibatkan oleh penyerahan atau pemberitahuan bukti transaksi pada pihak lain tersebut, maka hal tersebut merupakan tanggung jawab masing-masing Pembeli.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa segala klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan barang bukan menjadi tanggung jawab pihak INTI. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan barang adalah tanggung jawab masing-masing Pembeli.
  4. Pembeli berhak atas kelebihan dana dari biaya kirim yang diakibatkan perbedaan penggunaan jasa dan/atau jenis jasa ekspedisi oleh Vendor dari pilihan Pembeli pada saat melakukan transaksi di dalam system layanan INTI.
  5. Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran terhadap Kebijakan Jual Barang oleh Pembeli, INTI berhak untuk melakukan tindakan yang dianggap perlu terhadap Pembeli demi menjaga keamanan dan kenyamanan Pengguna lain.
  6. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pembeli dan Penjual, selain melalui INTI dan/atau tanpa sepengetahuan INTI (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus di luar Platform layanan INTI atau upaya lainnya), adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
  7. Sistem layanan INTI secara otomatis mengecek status pengiriman barang melalui nomor resi yang diberikanVendor.
  8. Pembeli diharapkan melakukan dokumentasi pembukaan paket saat menerima paket yang dikirimkan Vendor.
  9. INTI akan menahan dana hingga ada kesepakatan antara Pembeli dan Vendor: apakah Pembeli akan mengembalikan barang ke Vendor atau tidak.
  10. INTI akan mengembalikan dana transaksi ke Pembeli jika barang yang diterima Pembeli terbukti bermasalah/tidak sesuai deskripsi
  11. Pembeli wajib mengirimkan barang ke Vendor dan menginformasikan nomor resi ke INTI, jika ada kesepakatan retur dengan Vendor.
  12. INTI hanya memantau retur sampai barang diterima kembali oleh Vendor.

Promosi

  1. Vendor dapat mengadakan promosi sewaktu-waktu dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh pihak INTI. Syarat dan ketentuan yang dibuat mungkin akan berbeda-beda pada setiap kegiatan promosi. Pengguna wajib untuk membaca dan memahami secara saksama syarat dan ketentuan setiap kegiatan promosi tersebut dari waktu ke waktu.
  2. Setiap Pengguna hanya diperbolehkan menggunakan 1 (satu) akun untuk setiap kegiatan promosi. Jika ditemukan adanya Pengguna yang membuat lebih dari 1 (satu) akun untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan promosi tersebut, INTI dapat melakukan tindakan yang dianggap perlu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna tersebut. Tindakan tersebut dapat berupa pembatalan transaksi, pembatalan voucher, pemblokiran akun Pengguna, atau tindakan hukum apabila ditemukan tindak kecurangan dari Pengguna.
  3. INTI berhak melakukan pembatalan transaksi berkaitan dengan promosi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu demi kenyamanan Pengguna lain dan keamanan.
  4. INTI berhak mengubah syarat dan ketentuan setiap kegiatan promosi yang diadakan oleh pihak INTI dari waktu ke waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna.

Barang Terlarang

Barang terlarang adalah barang yang dilarang diperjualbelikan di Platform layanan INTI berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia dan kebijakan internal INTI . Barang tersebut adalah barang dan/atau jasa yang tergolong berbahaya, melanggar hukum, mengancam, melecehkan, menghina, memfitnah, mengintimidasi, menginvasi privasi orang lain atau hak-hak lainnya yang melanggar hukum dengan cara apapun. Berdasarkan hal-hal tersebut, barang-barang yang dilarang untuk diperjualbelikan di Platform layanan INTI , antara lain:

  1. Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap INTI ;
  2. Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Termasuk dalam ketentuan ini adalah Narkotika, obat keras, obat bius dan sejenisnya, serta obat-obatan yang tidak terdaftar di dinas kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (selanjutnya disebut “BPOM”), serta obat berlogo “K” (resep dokter);
  3. Makanan, minuman dan kosmetik yang membahayakan keselamatan penggunanya, ataupun yang tidak mempunyai izin edar dari BPOM;
  4. Senjata api, kelengkapan senjata api, replika senjata api, airsoft gun, air gun, dan peluru atau sejenis peluru, senjata tajam, serta jenis senjata lainnya;
  5. Barang yang berhubungan dengan namun tidak terbatas pada kepolisian, tentara ataupun instansi aparat negara lainnya;
  6. Segala bentuk tulisan yang berpengaruh negatif melecehkan pihak/ras tertentu atau yang dapat menyinggung perasaan orang lain;
  7. Barang dewasa penunjang kegiatan seksual termasuk namun tidak terbatas pada obat kuat, obat perangsang, alat bantu seks, pornografi, dan obat-obatan dewasa, kecuali untuk alat kesehatan (kontrasepsi) yang diizinkan untuk diperjualbelikan oleh peraturan hukum yang berlaku di Indonesia;
  8. Barang yang merupakan hasil pelanggaran Hak Cipta, termasuk namun tidak terbatas dalam media berbentuk buku, CD/DVD/VCD, informasi dan/atau dokumen elektronik, software bajakan serta media lain yang bertentangan dengan Undang-Undang Hak Cipta;
  9. Jenis Barang/Produk baru tertentu yang wajib memiliki SNI (Standar Nasional Indonesia), Petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia, atau Label dalam Bahasa Indonesia, namun Barang/Produk yang diperjualbelikan tidak mencantumkan syarat-syarat tersebut;
  10. Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung oleh penjual resmi dan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing;
  11. Produk nonfisik. Kecuali ada kerja sama resmi dengan INTI. INTI melarang penjualan produk nonfisik yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa kurir terdaftar/tidak terdaftar, termasuk namun tidak terbatas pada akun layanan INTI, eBook, akun game, pulsa elektrik maupun pulsa fisik/voucher, voucher kuota internet, voucher game, voucher aplikasi, Steam Wallet, dan lainnya; terkecuali terdapat kerja sama resmi dengan INTI.
  12. Barang yang melanggar hak kekayaan intelektual (HAKI) pihak lain;
  13. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala dan/atau terbakar sendiri;
  14. Bagian organ manusia dan/atau perdagangan orang;
  15. Mailing list;
  16. Data dan/atau informasi pribadi;
  17. Dokumen pemerintahan, perjalanan, dan/atau dokumen perbankan;
  18. Minuman keras atau beralkohol;
  19. Cinderamata berbahan hewan yang dilindungi;
  20. Barang terkait perjudian;
  21. Mata uang yang masih berlaku;
  22. Barang curian;
  23. Barang mistis;
  24. Penjualan benda yang tidak bergerak;
  25. Segala jenis hewan peliharaan;
  26. Pembuka kunci dan penunjang tindakan perampokan/pencurian;
  27. Otomotif (mobil dan motor). Kecuali terdapat kerja sama resmi dengan layanan INTI;
  28. Jasa, donasi, sewa menyewa, promo event. Kecuali terdapat kerja sama resmi dengan INTI;
  29. Bahan yang diklasifikasikan sebagai Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku;
  30. Segala jenis Barang yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang Indonesia.

Pencairan Dana

  1. Pengguna wajib mengisi data rekening bank untuk kepentingan pencairan dana di INTI.
  2. Dana akan ditransfer ke rekening Pengguna dalam waktu 1x24 Jam.
  3. INTI berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan, dan/atau pembatalan terhadap transaksi pencairan dana yang dilakukan oleh Pengguna apabila ditemukan adanya tindakan pelanggaran atas syarat dan ketentuan layanan INTI, kecurangan, manipulasi, penipuan dan/atau kejahatan.
  4. Pemeriksaan, pembekuan, penundaan, dan/atau pembatalan terhadap transaksi pencairan dana Pengguna yang dilakukan oleh INTI, dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan.

Data Pengguna

  1. Pengguna dengan ini sepakat dan setuju bahwa Vendor dapat mengumpulkan, menggunakan, mengakses, menyimpan, dan/atau memproses data Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi, isi percakapan, dan/atau informasi tentang penggunaan layanan oleh Pengguna di Platform layanan INTI.
  2. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, INTI (termasuk perusahaan terafiliasi dan Partner Resmi yang bekerja sama dengan SIPLah) berhak menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna melalui Platform layanan INTI untuk kepentingan pengembangan dan peningkatan mutu demi keamanan dan kenyamanan Pengguna.
  3. INTI berhak mengungkapkan data Pengguna untuk proses hukum dan/atau permintaan pihak instansi pemerintah, penegak hukum, dan pihak berwenang resmi lainnya yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Sengketa

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan Platform layanan INTI.

Ganti Rugi

Pengguna setuju untuk melepaskan INTI  dari tuntutan ganti rugi dan menjaga INTI (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan dan agen) dari segala klaim atau tuntutan, kewajiban, kerugian, dan biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh Pihak Ketiga yang timbul akibat kesalahan Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran Aturan Penggunaan ini, penggunaan Layanan INTI di Platform layanan INTI yang tidak semestinya, pelanggaran terhadap hak Pihak Ketiga, pelanggaran Kebijakan Privasi INTI dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

Sanksi

INTI memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap akun Pengguna, termasuk akun yang diduga dan/atau terindikasi melakukan penyalahgunaan, memanipulasi, dan/atau melanggar Aturan Penggunaan di INTI, mulai dari melakukan moderasi, menghentikan layanan “Jual Barang”, membatasi jumlah pembuatan akun, membatasi atau mengakhiri hak setiap Pengguna untuk menggunakan layanan, maupun menutup akun tersebut tanpa memberikan pemberitahuan atau informasi terlebih dahulu kepada pemilik akun yang bersangkutan.

  1. Sanksi Umum
    1. pemblokiran akun;
    2. pelaporan kepada pihak yang berwajib.

 

  1. Sanksi Terhadap Pelanggaran Barang
    1. Pemblokiran dan atau penghapusan barang yang termasuk dalam barang terlarang di Aturan Penggunaan layanan INTI.
    2. Pembekuan akun yang menjual barang terlarang di Aturan Penggunaan layanan INTI.
    3. Penonaktifan akun yang menjual barang terlarang di aturan penggunaan layanan INTI.
    4. Pelaporan kepada pihak yang berwajib termasuk namun tidak terbatas pada pihak kepolisian, dan lain-lain.

Penghentian/Perubahan Layanan dan Layanan Pihak Ketiga

  1. INTI (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan dan agen) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut INTI bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari Penggunaan Layanan Pihak Ketiga yang Pengguna akses melalui Platform layanan INTI. Pengguna disarankan membaca dengan saksama atas Syarat dan Ketentuan yang disediakan oleh Pihak Ketiga tersebut.
  2. INTI dari waktu ke waktu berhak mengubah/menghentikan/menangguhkan layanan dan/atau layanan Pihak Ketiga tanpa persetujuan/pemberitahuan Pengguna.

Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab

  1. INTI akan terus berupaya untuk menjaga kualitas Layanan INTI untuk tetap aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, namun INTI tidak dapat menjamin operasional terus-menerus atau akses terhadap Platform layanan INTI dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam Platform layanan INTI memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.
  2. Jika Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pengguna lainnya, Pengguna melepaskan INTI (termasuk Induk Perusahaan, jajaran komisaris, jajaran direksi, dan/atau karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
  3. Pengguna setuju dan sadar bahwa Pengguna memanfaatkan Layanan INTI di Platform layanan INTI atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan INTI diberikan kepada Pengguna dengan sebagaimana mestinya dan sebagaimana tersedia.
  4. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, INTI (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan dan agen) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut SIPLah bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:
    • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Platform layanan INTI ;
    • Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia di dalam Platform layanan INTI;
    • Keterlambatan atau gangguan di dalam Layanan INTI;
    • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna;
    • Kualitas dan/atau keaslian Barang;
    • Pengiriman Barang yang dilakukan oleh penyedia jasa ekspedisi pengiriman barang;
    • Informasi yang dituliskan oleh Pengguna layanan INTI baik Vendor (Penjual) maupun Pembeli;
    • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (hak cipta, merek, desain industri, desain tata letak sirkuit, dan/atau hak paten) atau hak-hak pribadi lain yang melekat atas suatu barang;
    • Pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia;
    • Perselisihan antar Pengguna;
    • Pencemaran nama baik Pihak lain;
    • Penyalahgunaan Barang yang telah dibeli Pengguna;
    • Kehilangan barang ketika proses transaksi berjalan dan/atau selesai;
    • Penyalahgunaan nomor kontak dan/atau alamat email milik Pengguna maupun pihak lainnya.
    • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi INTI yang dengan cara apa pun mengatasnamakan INTI ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
    • Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen/distributor. Pembeli dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.
    • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (botscriptautomation toollainnya) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan INTI.
    • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apa pun dalam Layanan INTI.
    • Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap layanan di Platform layanan INTI.
    • Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam Platform layanan INTI yang diduga palsu.
    • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.
    • Kegagalan dan/atau gangguan dalam penerapan teknologi baru dan/atau sistem pada fasilitas perangkat dan/atau jaringan internet yang Pengguna miliki dan/atau alami.
    • Gangguan jaringan INTI sehingga mengakibatkan server downdan mengharuskan dilakukannya pemeliharaan dan/atau perawatan darurat terhadap Platform layanan INTI.
    • Penyalahgunaan akun Pengguna yang terjadi karena kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan akun kepada pihak lain, memberikan akses password kepada pihak lain, memberikan Kode Verifikasi pada pihak lain, mengakses link atau tautan dari pihak lain, maupun kelalaian Pengguna yang lain yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada Pengguna.
    • Tidak tersedianya layanan di Platform layanan INTI pada waktu kapan pun atau untuk jangka waktu yang tidak dapat ditentukan karena hal yang terjadi di luar kuasa INTI.
    • Adanya kegiatan pengawasan dan pengontrolan isi/konten dari Platform layanan INTI dan/atau sumber daya yang terjadi karena tautan (hyperlink) yang berada pada deskripsi barang pelapak. INTI tidak bertanggung jawab atas kehilangan dan/atau kerugian yang dapat timbul akibat tindakan tersebut.

Pembaruan dan Modifikasi Aturan Penggunaan

INTI memiliki hak untuk melakukan pembaruan dan/atau perubahan Aturan Penggunaan dari waktu ke waktu jika diperlukan demi keamanan dan kenyamanan transaksi Pengguna di Platform layanan INTI. Pengguna dengan ini setuju bahwa Pengguna bertanggung jawab untuk membaca secara saksama dan memeriksa Aturan Penggunaan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui pembaruan dan/atau perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan di Platform layanan INTI, maka Pengguna dianggap menyetujui pembaruan dan/atau perubahan dalam Aturan Penggunaan ini.

 

Copyright © INTI 2019 All rights reserved.